Tips Kunjungan wisata ke Pulau Komodo

wisata pulau komodo

Wisata pulau Komodo

Bagi anda yang suka traveling, mungkin sudah sangat sering mendengar pulau Komodo. Sebuah pulau yang dijuluki pulau Komodo sejak tahun 1910 lalu.

Awalnya, Letnan Steyn van Hens Broek berusaha membuktikan laporan kumpulan pasukan Belanda mengenai spesies hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut.

Ia kemudian menangkap dan membunuh seekor hewan tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum dan Botanical Garden di Bogor untuk selanjutnya diteliti.

Selanjutnya, Direktur Museum Zoologi di Bogor, Peter A. Ouwens mulai mempublikasikan Hewan komodo ini kepada dunia melalui disertasinya tepatnya pada tahun 1912. Dalam publikasinya, ia menyarankan nama kadal raksasa itu Varanus komodoensis dan  komodo sebagai pengganti julukan Komodo Dragon (Komodo Naga).

Itulah sejarah singkat tentang hewan Komodo yang ada di pulau Komodo. Sejak itulah pulau tersebut dijuluki dengan Pulau Komodo dan sudah dikunjungi oleh ratusan ribu sejak beberapa waktu silam.

Nah, untuk anda yang ingin berangkat wisata ke pulau komodo, anda bisa mengambil paket wisata labuan bajo yang banyak ditawarkan di Internet. Atau anda bisa kunjungi website berikut ini : https://wisatapulaukomodo.id/

 Akomodasi wisata ke pulau Komodo

 Pesawat

Untuk anda yang ingin menggunakan pesawat. Saat ini tersedia 2-3 jaddwal penerbangan untuk tujuan bali – labuan bajo serta Bandara Pulau Komodo – Bali setiap harinya.

Durasi perjalanannya biasanya berkisar antara 1-1.5 jam setiap perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan yang beroperasi adalah Transnusa, Indonesia Air Transport dan Merpati.

Saat ini juga sudah ada juga penerbangan sebanyak 2x dalam seminggu untuk penerbangan dari Kupang Nusa Tenggara Barat.

Kapal dan Perahu Motor

Khusus untuk anda yang ingin berangkat menggunakan jalur laut, saat ini sudah tersedia perahu motor yang menghubungan antar pulau. Mulai dari pulau Sape Nusa Tenggara Barat. Selain itu anda juga bisa menggunakan kapal PELNI dari Bali.

Sewa Bus Pariwisata

Untuk jalur darat, anda bisa mulai dari Flores hingga ke timur dengan rute perjalanan Ruteng – Bajawa  – Ende dan Maumera. Jika anda ingin memulai dari arah barat, bisa menempuh rute yang agak jauh yakni Flores – Maumere – Moni – Kelimutu – Ende – Bena – Bajawa – Ruteng dan Labuan Bajo atau pulau Komodo.

Memang sedikit lebih jauh, tapi tentu saja anda akan menikmati alam Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahannya.

Transportasi di Pulau Komodo

Nah, jika sudah sampai di pulau Komodo, anda bisa menyewa kapak untuk ikut live on boar dengan biaya yang relative terjangkau.

Bahkan anda bisa merasakan tinggal diatas kapal hingga beberapa hari untuk berpetualang di pulau Komodo.

Bagaimana? Sudah siap berwisata ke pulau Komodo?