Tips Desain Rumah Simple dan Tertata Rapi

Memiliki rumah dengan lahan terbatas, membutuhkan penataan ruang secara cermat. Selain ruangan terasa luas dan nyaman, namun juga agar efisien dan praktis. Jika lahan yang ada terbatas, perluasan rumah tidak semata-mata mengarah secara vertikal, namun bisa memanfaatkan bagian-bagian dalam rumah. Misalnya dengan memanfaatkan attic, mezzanine atau menerapkan konsep split level. Konsep rumah split level adalah konsep bangunan yang dibuat lebih dari satu lantai, namun dibagi (menjadi dua) bagian ketinggian lantainya.

Perbedaan tinggi lantai antara ruang satu dengan yang lainnya, dikenal pula dengan sebutan split level. Sebuah rumah dapat dikatakan split level jika sedikitnya memiliki tiga tingkatan (level) dalam pembagian lantainya. Desain ini mengacu pada rumah dua lantai, yang disisipi satu lantai diantaranya. Dinamis, Akomodir Banyak Ruang Konsep split level, umumnya diterapkan pada rumah-rumah di lahan berkontur.

Harga Genset Cummins

Namun, tak jarang konsep ini juga diaplikasikan di rumah-rumah biasa, terutama yang memiliki keterbatasan lahan. Untuk lahan berkontur, rumah didesain mengikuti tinggi rendah lahan, sehingga tidak perlu melakukan banyak cut dan fill (pengerukan dan pengurugan).

Sebaliknya jika konsep ini diterapkan pada bangunan berlahan datar, perlu dilakukan pengurugan tanah, dengan menaikkan dulu setengah lantai. Pada rumah dengan luasan besar, desain split level dapat dimanfaatkan untuk menurunkan skala bangunannya, sehingga tidak terlihat terlalu tinggi.

Selain terlihat dinamis dalam pergerakan ruang, split level bisa berfungsi untuk mempertegas perbedaan ruang, tanpa menggunakan pembatas dinding.Namun, konsep ini membuat keberadaan tangga sebagai sarana sirkulasi menjadi cukup banyak. Agar terlihat menarik, manfaatkan tangga menjadi elemen interior yang bisa diekspos.

KELEBIHAN

  • Menawarkan variasi suasana ruang yang banyak dan unik. Ketinggian lantai yang berbeda-beda pada setiap ruang atau kelompok ruang, akan memberikan perbedaan ruang yang jelas, sekaligus sekuen pemandangan yang berbeda-beda.
  • Tercipta efek saling terhubung (inter-connected) antar ruang, meskipun terletak pada ketinggian (level) yang berbeda.
  • Ruang-ruang menjadi dinamis.
  • Memberi kesan rumah tidak monoton.
  • Plafon ruangan menjadi lebih tinggi, sehingga sirkulasi udara dalam rumah lebih lancar.

KEKURANGAN

  • Biaya konstruksi rumah lebih mahal dibanding rumah dua lantai biasa.
  • Kurang tepat untuk penghuni usia tua, karena banyak tangga. Split Level Rumah Mungil Untuk rumah kecil, sebaiknya hindari konsep split level yang menggunakan banyak tangga, karena akan makin membuat sempit dengan banyaknya tangga. Ingat, tangga cukup memakan banyak ruang. Penerapan desain split level pada rumah kecil, bisa dengan memanfaatkan area bordes tangga (ruang peralihan) menjadi ruang tersendiri.

Inilah yang membedakan desain split level dengan rumah bertingkat dua biasa. Fungsi ruang pada area peralihan tidak terbatas, disesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah. Untuk area tengah yang sifatnya publik, ruang peralihan bisa difungsikan sebagai ruang keluarga atau ruang kerja. Namun, tak menutup kemungkinan menempatkan kamar tidur di ruang peralihan.

Tak jarang pula, desain split level menempatkan area pintu masuk utama di tengah diantara dua lantai. Saat pintu utama dibuka, akan terlihat satu tangga menuju ke atas, dan satu tangga menuju ke bawah. Garasi bisa ditempatkan di lantai dasar, dan memiliki akses langsung berupa beberapa undakan menuju ke ruang tengah.

Setelah terlihat cantik dan elegan tentunya rumah minimalis modern tersebut tak lengkap dengan sumber daya listrik yang cukup. Dibutuhkan genset dengan kapasitas sedang untuk memenuhi kebutuhan listrik setiap waktu. Distributor genset di Indonesia salah satunya yang sudah berdiri sejak 10 tahun adalah v-genset.com menjual berbagai macam genset dengan kapasitas kecil sampai besar. Vgenset merupakan distributor resmi genset cummins di Indonesia yang menawarkan harga sangat fleksibel. Selain genset merk Cummins, v-genset.com juga menyediakan genset Perkins dan Yanmar sebagai genset dengan merk yang bagus dan berkualitas. Info lebih lanjut silahkan jelajahi link berikut https://www.v-genset.com/ready-stock-genset/distributor-genset-cummins-di-indonesia/