Destinasi Bangunan Kuno Wisata Menarik Kabupaten Pandeglang

PandeglangUntuk berwisata setiap orang mempunyai banyak cara dan kesenangan masing masing. Ada yang suka berwisata di Pantai, Gunung, Danau dan juga dapat mengunjungi bangunan bangunan kuno yang bersejarah. Pada kesempatan ini, kita akan bersama sama membahas tentang Bangunan kuno yang ada di sekitar alun alun Pandeglang.

Pendapa Pandeglang

Lokasi pendapa terdapat di samping utara alun-alun, persisnya di Jalan Asnawi No. 1 Pandeglang. Peranannya masih tetap sama dengan mulai sejak awal kali dibuat, yakni jadi tempat tinggal dinas Bupati Pandeglang. Menurut catatan Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Kabupaten Pandeglang, bangunan ini dibangun sekitaran th. 1847-1848. Di samping timur pendapa, masih tetap didalam ruang tempat tinggal dinas bupati, ada bangunan yang dahulu berperan jadi tempat tinggal beberapa pembantu bupati. Pada umumnya, tempat tinggal dinas bupati yang ada di belakang pendapa mempunyai langgam arsitektur classic Eropa dengan ciri tiang-tiang bergaya doria dibagian teras paling utama, jendela – pintu yang tinggi serta lebar, dan di dukung ornament beda dengan keunikan eropa. Tetapi demikian, tampak ada arsitektural tradisionil pada bangunan ini, yakni ada atap bertumpuk seperti pada bangunan Jawa.

Penjara

Penjara Pandeglang dibangun pada th. 1819, menurut data dari Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Kabupaten Pandeglang. Sampai sekarang ini bangunan masih tetap berperan seperti pertama kali dibangun. Tempatnya terdapat sekitaran 300 m di samping barat alun-alun, persisnya di Jalan Masjid Agung No. 3, Pandeglang. Begitu disayangkan, telah banyak perubahan pada bangunan ini tanpa ada memerhatikan rencana pelestarian cagar budaya.

Gedung Kodim 0601

Gedung Kodim 0601 terdapat di barat laut alun-alun, persisnya di Jalan Letnan Mulkita, Pandeglang. Gedung ini dibangun pada th. 1918 jadi tempat tinggal Asisten Residen Banten untuk Distrik Pandeglang. Alih peranan bangunan jadi markas Kodim 0601 dikerjakan pada th. 1962. Bangunan ini bergaya arsitektur Neo-Klasik dengan terdapatnya pilar-pilar dibagian teras depan serta beratap limasan. Keunikan bangunan kolonial juga terlihat pada jendela-jendela yang tinggi serta besar, satu pintu masuk depan serta komposisi vertikal.