Cara Kerja Genset 50 KVA Open dan Silent Type

Keberadaan generator set atau genset memang mudah ditemukan terutama di kawasan pabrik dan pusat perbelanjaan bahkan hingga rumah. Suatu alat pembangkit listrik yang dijadikan energi alternatif ini ditemukan pada tahun 1831 oleh Faraday dan Diesel. Semakin berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, genset telah mengalami ragam perubahan yang semakin memantapkan perannya.

Cara Kerja Genset 50 KVA Open dan Silent Type

Genset terbagi ke dalam dua jenis yaitu genset AC dan genset DC dengan perbedaan hanya pada arah arusnya saja. Bila dibagi berdasarkan bahan bakarnya, genset memiliki beragam jenis diantaranya genset gas, genset diesel, genset portabel dan genset bensin. Tak hanya itu saja , daya listrik yang ada di dalam setiap genset juga berbeda.

Genset tersedia dalam aneka daya mulai daya 1 kva hingga puluhan kva, genset yang paling banyak dipakai yaitu 50000 watt. Daya listrik 50000 watt bila diubah ke dalam kva mempunyai jumlah ialah 50 kva dan genset ini mudah didapat. Anda dapat datang ke toko yang jual genset jogja 50 kva dan dapat pula membelinya melalui toko online atau olshop.

Sebelumnya, ketahuilah cara kerja genset di bawah ini:

Mesin genset

Mesin generator set atau genset ialah sebuah generator yang mana berguna sebagai penggerak yang tersusun atas gulungan kawat. Mesin ini juga dilengkapi dengan stator yang merupakan suatu rotor atau kumparan yang berputar dan akan menimbulkan medan magnet. Medan magnet akan timbul ketika mesin atau generator mulai menggerakan atau memutar rotor.

Putaran rotor

Seperti penjelasan para ilmuwan, rotor yang berhasil diputar oleh mesin tak hanya akan memicu adanya medan magnet saja. Namun, kejadian ini juga akan menimbulkan arus listrik sehingga fungsi genset (energi listrik alternatif) dapat berjalan dengan baik. Seperti itulah sistem atau cara kerja dari generator set yang sebaiknya diketahui para calon pembelinya.

Selain cara kerja dari genset, alat ini juga mempunyai pilihan merek dengan variasi harga yang dibandrol mulai dari dua juta. Bila Anda hanya menyediakan budget atau biaya yang sedikit untuk pembelian genset, Anda dapat memilih merek Cummins. Merek ini menawarkan generator set dengan harga minimal empat puluh juta saja dengan daya sampai 50000 watt. Untuk memastikan harga terbarunya, lihat dulu harga genset cummins terupdate bulan ini.

Toko yang jual genset 50000 watt dengan merek tersebut ditemukan cukup mudah atau Anda juga dapat memilih merek yang lain. Merek ternama yang hadir di Indonesia diantaranya merek Perkins dan Mitsubishi, namun harga yang dipatok lebih tinggi. Genset dengan harga yang sedang diantaranya yaitu genset dengan merek Perkins dan merek Cummins

Genset dengan merek apik lainnya yaitu genset Foton, Brothers dan juga genset bermerek Volvo yang tentunya memiliki spesifikasi yang bervariasi. Selain merek, Anda juga wajib memilih genset yang ingin dibeli bertipe open atau bertipe silent. Perbedaan dari keduanya terletak pada suara yang muncul saat genset dijalankan dan tipe silent perawatannya sedikit lebih mudah.